SALAM BUAT PENGUNJUNG

WILUJENG SUMPING.....wilujeng tepang Blogersss..
Mari berbagi, mencari dan beramal...dalam upaya meningkatkan Ketaqwaan..." Insya Allah Tidak Akan rugi kalau habis mampir, baca dan apalagi "Ngunduh" sekedar memberi komentar sebagai simbol terim akasih dan atensi bloggers..."

Minggu, 16 Oktober 2011

AL - MUTAQIN: SILABUS MATA KULIAH

AL - MUTAQIN: SILABUS MATA KULIAH


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
I. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Manajemen Pengelolaan Kelas
Kredit                    : 2 SKS
Semester                : V ( Lima )
Fakultas                 : Tarbiyah
Jurusan                  : PAI / PGSD / PGMI
Dosen Pengampu    : Ujang Jaenal Mutakin
II. DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH
     Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar pengelolaan kelas, Prinsip Belajar dan Keterampilan Mengajar, serta Manajemen Mengajar; Konsep dan Kegiatan dalam Manajemen Kelas; Faktor-faktor yang Berpengaruh dalam Manajemen Kelas; Pengaturan Kondisi Kelas dan Iklim Belajar Siswa dan prosedur rancangan dalam Manajemen Kelas;
III. METODE PERKULIAHAN
      Materi Perkuliahan diberikan dalam tiga metode perkuliahan, antara lain :
    1. Tutorial
    2. Diskusi
    3. Penugasan Kondisional
IV. SISTEMATIKA PENILAIAN
1. Kuliah tatap muka dikelas sebanyak 14 kali pertemuan ( diluar UTS dan UAS )
2. Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75 % tidak bisa mengikuti UAS
3. System Penilaian : ( Kegiatan Akademik 20%, Tugas Terstruktur 20%, UTS 25%, UAS 35% )





V. SISTEMATIKA PEMBUATAN MAKALAH
Makalah diketik dalam 1,5 spasi dengan ukuran font 12 TNR, dengan jumlah minimal 10 halaman ukuran kertas A4 , dengan sistematika sebagai berikut :
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Perumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan Makalah
BAB II. PEMBAHASAN
A. ( Sesuai Topik )
BAB III KESIMPULAN
Footnote
Daftar Pustaka

VI. MATERI
Minggu Ke-1
Pengantar Orientasi Perkuliahan & Penjelasan SAP 2Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup MPK 3
Fungsi MPK, Aspek-aspek Kegiatan MPK, dan Faktor-faktor yang berpengaruh dalam MPK 4Prinsip – prinsip MPK 5Pendekatan MPK Part 1 ( Otoriter, Intimidasi dan Permisif )
6
Pendekatan MPK Part 2 ( Instruksional, Pengubahan Prilaku, Sosio Emosional ) 7Pendekatan MPK Part 3 ( Proses Kelompok, Elektik, Analitik Pluralistik) 8UJIAN TENGAH SEMESTER 9Komponen Keterampilan MPK yang berhubungan dengan penciptaan, pemeliharaan dan pengembangan kondisi belajar yang optimal
10
Komponen Keterampilan MPK yang berhubungan dengan Pengaturan Lingkungan Fisik Kelas 11Komponen Keterampilan MPK yang berhubungan dengan Pengajaran/mengajar yang efektif 12Rancangan dan Prosedur Pengelolaan Kelas 13Sumber Masalah dalam Kelas dan upaya pemecahannya 14Prinsip-prinsip disiplin Kelas 15Tahapan dan penanggulangan pelanggaran disiplin kelas 16UJIAN AKHIR SEMESTER

VI. REFERENSI
  1. Depdikbud. 1983. Pengelolaan Kelas. Jakarta: Direktorat lenderal Pendidikan Tinggi.
  2. M. Entang clan T . Raka Joni. 1983. Pengelolaan Kelas. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Kependidikan Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
  3. Suryana, Asep. 2007. Manajemen Kelas. FIP UPI Bandung.
  4. Djamarah, Syaiful .B. Strategi Belajar Mengajar. 2006. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Harsanto, Radno. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar