Minggu, 16 Oktober 2011

BIMBINGAN KONSELING



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

I.       IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah             : Bimbingan Konseling
Kredit                                : 2  SKS
Semester                            : III / TIGA
Fakultas                             : Tarbiyah
Jurusan                              : PAI   / PGSD / PGMI
Dosen  Pengampu              : Ujang Jaenal Mutakin

II. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep, pendekatan, landasan, stategi, teknik, jenis dan pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling, diagnostik dan remedial teaching, dasar-dasar pemahaman peserta didik, dan bimbingan bagi peserta, unsure-unsur penunjang kegiatan bimbingan konseling, dan kualifikasi dan kompetensi guru sebagai konselor.

III. METODE PERKULIAHAN
      Materi Perkuliahan Statistik II diberikan dalam tiga   metode perkuliahan, antara lain :
    1. Tutorial
    2. Diskusi 
    3. Penugasan Kondisional 

IV. SISTEMATIKA PERKULIAHAN
1. Kuliah tatap muka dikelas sebanyak 14 kali pertemuan ( diluar UTS dan UAS )
2. Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75 % tidak bisa mengikuti UAS
3. System Penilaian :  ( KM 20%, TT 20%, US 25%, AS 35% ) 
V.      SISTEMATIKA  PEMBUATAN MAKALAH
Makalah diketik dalam 1,5 spasi dengan ukuran font 12 TNR, dengan jumlah minimal 10 halaman  ukuran kertas A4 , dengan sistematika sebagai berikut :

Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I. PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
B.     Perumusan Masalah
C.     Tujuan Penulisan Makalah
BAB II. PEMBAHASAN
A.     ( Sesuai Topik )
BAB III  KESIMPULAN
Footnote
Daftar Pustaka
VI. MATERI
1.
Orientasi Perkuliahan
2.
Konsep Dasar Bimbingan Konseling
3.
Fungsi, Pendekatan, Sasaran dan Tujuan Bimbingan Konseling
4.
Ruang Lingkup Bimbingan Konseling
5.
Tinjauan Teori Bimbingan Konseling Gestalt
6.
Tinjauan Teori Bimbingan Konseling Psikoanalisis
7.
Prinsip dan Azas Bimbingan Konseling
8.
UJIAN TENGAH SEMESTER
9.
Strategi, Metode dan Pendekatan Bimbingan Konseling
10.
Jenis-Jenis Layanan Bimbingan Konseling
11.
Dasar-Dasar Pemahaman Peserta Didik
12.
Diagnostik Kesulitan Belajar dan Remedial Teaching
13.
Peranan Agama dalam Bimbingan Konseling
14.
Unsur-Unsur Penunjang Kegiatan Bimbingan Konseling
15.
Kualifikasi, Kompetensi dan Tanggung Jawab Konselor
16.
UJIAN AKHIR SEMESTER

VI. REFERENSI

  1. Ahmad Juntika Nurihsan, (2005) Pengantar Bimbingan dan Konseling. Bandung : Remaja Rosda Karya
  2. Ahmad Juntika Nurihsan, (2005) Stategi layanan Bimbingan dan Konseling, Bandung : Remaja Rosda Karya
  3. Abin Syamsudin Makmun (2000) Psikologi Kependidikan, Bandung Rosdakarya
  4. ABKIN (2005) Standar Kompotensi Konselor Indonesia.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar